Sabtu, 21 September 2013



HILANGNYA IDENTITAS MAHASISWA
Salam Pembebasan......
Mahasiswa menurut bahasa adalah maha artinya besar  atau tinggi dan siswa  artinya pelajar atau individu yang sedang menuntut ilmu secara formal,jadi mahasiswa adalah orang-orang yang berada dalam sesuatu perguruan tinggi dan dapat di buktikan dengan ,KTM,Almamater,dan KRS berjalan.sedangkan mahasiswa menurut pengertian ini adalah pengertian secara formal atau persyaratan akademik. kata Ali Sariyatiadalah insan yang tercerahkan lebih jauh di telah dalam penafsiran Ali tercerahkan sesuatu bentuk manifestasi manusia yang menjadikan manusia itu bernilai di mata manusia dan dimata tuhan, pesan yang harus disampaikan semata-mata hanya untuk membebaskan manusia dari kebodohan, kemiskinan, penderitaan, penindasan, ketidakadilan dan kesewenangan para pelaku penguasa. Sedangkan AntinioGramsi berpendapat bahwa mahasiswa ialah intelektual organik, kalau dilihat lebih jauh kata organik lebih dekat pada gerak, gerak yang dimaksudkan pikiran yang kreatif, inovatif, progresif dan mampu memindahkan pikiran dari kekeliruan berfikir menuju pemikiran rasional. mahasiswa menurut saya mahasiswa adalah  orang-orang yang berada dalam sesuatu perguruan tinggi dapat di buktikan dengan KRS dan dapat menyampaikan aspirasi masyarakat dan mampu membebaskan makhluk yang dari jeratan kezaliman. Kenapa sampai saya mengatakan mahasiswa harus menyampaikan karena tugas manusia adalah khalifah firdArd,yang harus di ilhami oleh seluruh mahasiswa baik dalam bentuk niat ucapan maupun tindakan.
saya hanya mengatakan bahwa menjadi mahasiswa tidak semuda yang  kita bayangkan,tidak semuda yang kita lihat, karena mahasiswa mempunyai fungsi .konon katanya fungsi mahasiswa adalah agen of change,agen pembaruan,dan fungsi kontrol untuk para kaum elit (pejabat negara). Tapi mahasiswa yang kita lihat sekarang ini lupa akan tugas dan tanggung jawabnya. apa yang membuat mahasiswa lupa dengan tugas dan tanggung jawabnya , karena mahasiswa yang sekarang ini terlalu terhipnotis atau terpesona dengan yang namanya materi sehingga kepentingan pribadi di utamakan dan kepentingan umum yang paling terakhir.
Kita tidak bisa mengatakan bahwa semua mahasiswa di dalam sebuah perguruan tinggi itu semuanya sama. karena pada hakikatnya mahasiswa mempunyai tipe-tipe mahasiswa , ada yang namanya mahasiswa idealis, mahasiswa yang idealis lebih di kenal dengan yang namanya RAKUS (rasional,analisa, kritis, universal,dan sistemmatik). tapi ada mahasiswa yang idealisnya dapat di beli dengan yang namanya materi  (uang). jadi siapa yang ingin menjadi mahasiswa yang idealis itu harus siap untuk mati dan hidup dalam penderitaan demi menyampaikan aspirasi masyarakat.  Mahasiswa ambivalen  adalah lebih di kenal dengan yang namanya mahasiswa 4K (kampus,kamar,kampung,dan kawin). dan tipe mahasiswa yang terakhir adalah mahasiswa oportunis, mahasiswa oportunis,karena mahasiswa ini lebih cenderung pada yang namanya kemewahan dan hura-hura sehingga dia lupa apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang mahasiswa. Tipe mahasiswa yang kedua dan ketiga adalah mahasiswa yang sudah lupa dengan identitas mahasiswa yang di pikul selama dia massa memegang  gelar yang namanya mahasiswa.
Jangan pernah bangga untuk menjadi seorang mahasiswa, karena mahasiswa bagi saya adalah seorang pelacur, sampah yang berhamburan di atas lantai. kenapa saya mengatakan  mahasiswa itu pelacur dan sampah. karena mahasiswa melacuri dirinya sendiri untuk menuntut ilmu,selama dia masih berada di dalam sebuah perguruan tinggi,dan mahasiswa itu adalah sampah karena mahasiswa tidak lagi menghargai dirinya sendiri , dan menjual dirinya untuk kepentingan pribadi. pada hal sebagai orang yang berintellectual harus memberikan yang terbaik dan jadi panutan untuk orang lain. Entah apa yang membuat mahasiswa sekarang ini berpikir tentang dirinya sendiri.
Kawan –kawan saya ingin mengatakan bahwa hidup ini adalah pilihan dan setiap pilihan ada yang namanya  rintangantantangan,dan tidak memilih pun adalah pilihan. Jadi tinggal kita pilih kita mau tergolong untuk menjadi mahasiswa  yang mana dari ketiga tipe mahasiswa tersebut. Saya ingin mengajak kawan-kawan mari kita lakukan tugas dan fungsi kita sebagai seorang mahasiswa karena dalam perguruan tinggi mempunyai Moto yakni  TRI DARMA Perguruan tinggi adalah pendidikan dan ilmu pengetahuan, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat ini yang  seharusnya di telah matang-matang dalam konsep kemanusiaan yang ada dalam perguruan tinggi. untuk itu mari kita satukan barisan kita untuk kembalikan identitas mahasiswa yang sesungguhnya dan katakan tidak untuk orang-orang mengatakan kebohongan,dan katakan iya untuk orang-orang mengatakan kebenaran,karena mahasiswa mempunyai jalan menuju keadilan sosial yang di citakan oleh bangsa dan negara.
Penemuan yang paling berharga dari masa ke massa
adalah mengubah massa depan kita dengan
mengubah tingkah laku kita 
AKBAR SAINUDIN


Nama : La Yoman (SEKETARIS MPMU UNIDAR)

SALAM PERJUANGAN

4 komentar :